Di lautan tercatat ada lebih dari 5000 spesies ikan, masing-masing memiliki daya jelajah dan kelompok taksonominya sendiri-sendiri. Ikan adalah nama yang dipakai untuk hewan vertebrata yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Hewan ini telah muncul lebih dari 500 juta tahun yang lalu. Untuk memudahkan pengamatan para ilmuan membagi ikan menjadi 3 golongan berdasarkan keberadaannya di perairan, yaitu:

1. Ikan Epipelagis

Golongan ini hidup di kedalaman 0-150 meter pada zona eufotik (zona yang masih dapat di tembus cahaya matahari). Kebanyakan bersifat karnivora sehingga berukuran cukup besar, termasuk perenang yang efektif, dan memiliki kemampuan sensor untuk mendeteksi mangsa, orientasi dan navigasi.

2. Ikan Mesopelagis

Golongan ini hidup di kedalaman 150-1000 meter. Ukuran ikan ini lebih kecil dibandingkan dengan ikan di zona epipelagis. Ikan-ikan di zona ini disebut ikan zona peralihan. Ikan mesopelagis hidup di zona yang minim cahaya sehingga memiliki mata dengan tingkat sensitivitas yang tinggi. Mereka memiliki warna yang hampir seragam yaitu gelap, sehingga sulit untuk dilihat pemangsa. Beberapa ikan mesopelagis memiliki organ photopores pada mata besarnya, yakni organ penghasil  cahaya yang berada di dekat mata. Ada 2 fungsi keberadaan phopores, yaitu memperkirakan intensitas cahaya yang terlihat pada siang hari dan untuk mengidentifikasi spesies.

3. Ikan Laut Dalam

Ikan golongan ini berada di kedalaman lebih dari 1000 meter. Zona ini merupaka daerah afotik (zona yang tidak dapat ditembus cahaya matahari). Kondisi lingkungan pada kedalaman ini yaitu, suhu yang dingin, sirkulasi air yang sangat lemah, dan supply bahan makanan yang sedikit.

Kondisi cahaya yang minim menyebabkan adaptasi yang lebih untuk semua ikan. Ada ikan yang dapat mengeluarkan cahaya sendiri dari tubuhnya, ada yang memiliki mata yang besar, dan ada yang yang tidak punya mata sama sekali. Sumber bahan makanan berasal dari plankton, bakteri, bahan organik terlarut, dan jatuhan dari bangkai hewan besar seperti paus. Karena sulitnya memperoleh informasi dari ikan laut dalam ini, maka banyak yang masih menjadi rahasia.

ocean_layers

sumber: Neviaty, dkk. 2008. Biologi Laut